Jumat, 08 Juli 2011

Perawatan V-Matic, Biar Awet dan Melaju Kencang



  • Bagi pengguna motor matic Honda perlu mengetahui cara kinerja laju kendaraan. Di mana mesin motor jenis ini melaju menggunakan sistem V-Matic. Pengen tahu cara perawatannya?

    Sistem V-Matic Honda merupakan pengembangan dari teknologi CVT yang diterapkan pada kendaraan-kendaraan matic yang ada di pasaran. Sistem V-Matic adalah sebuah sistem transmisi pada kendaraan yang berubah secara kontinyu mengikuti putaran engine.

    Maksudnya di sini adalah tenaga dari engine ditransfer ke roda dengan beberapa variable percepatan (seperti persneling 1,2,3, dan 4 pada motor manual) secara kontinyu. Jadi perubahan variable percepatan tersebut berubah – ubah sesuai dengan putaran mesin. Dengan adanya sistem ini Anda tidak perlu melakukan perpindahan persneling ketika berkendara, cukup memainkan gas saja motor akan bergerak terus sampai kecepatan maksimal.

    Menurut penjelasan Yohanes Bram Erlangga Fajar, Service Engineer PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Motor, sistem V-Matic ini sendiri terdiri dari beberapa bagian (seperti pada gambar di bawah), yakni 1. drive pulley, 2. V-Belt, dan 3. driven pulley. Ketiga bagian tersebut adalah komponen utama penyusun sistem V-Matic.

    Cara kerjanya dari sistem ini adalah, pada putaran rendah posisinya adalah seperti pada gambar. Ketika gas diputar maka putaran engine akan bertambah, sehingga putaran drive pulley juga akan bertambah. Putaran drive pulley yang bertambah akan menggerakkan roller yang terdapat di dalam drive pulley. Roller tersebut akan mempersempit pulley sehingga V-Belt akan tertarik dan membentuk diameter yang lebih besar di drive pulley. Pada driven pulley tentunya juga akan mengikuti dengan membentuk diameter yang lebih kecil. Dengan cara kerja tersebut maka putaran engine dan putaran roda akan selalu selaras sehingga menghasilkan percepatan dan kecepatan yang sesuai keinginan pengendara.

    “Pada tahun 2011 ini penjualan motor matic Honda berkembang sangat pesat. Mungkin Anda salah satu dari pemilik Honda matic tersebut, mulai dari Vario series, Beat, Scoopy, Revo AT, hingga PCX. Dari situ maka perlulah untuk mengetahui cara merawat sistem V-Matic Anda,” jelas Yohanes Bram. Perawatan sistem V-Matic sebenarnya cukup mudah karena tidak banyak komponen yang digunakan dalam sistem dan tidak memerlukan banyak tools. Cukup dengan menggunakan kunci T-8, obeng, dan cairan belt dressing. Tools digunakan untuk melepas cover V-Matic yang terletak di sebelah kiri belakang dari sepeda motor.

    Sedangkan belt dressing digunakan untuk melindungi V-Belt dan pulley dari terjadinya slip. Slip akan menyebabkan putaran engine dan roda tidak selaras sehingga konsumsi BBM akan menjadi boros. Jadi untuk merawatnya sangatlah mudah, cukup dengan membuka cover V-Matic dan menyemprotkan cairan belt dressing ke V-Belt dan pulley. Setelah itu tutup kembali covernya dan silahkan rasakan bedanya.

    Akan tetapi perlu kita ketahui jika umur dari V-Belt adalah 20.000 km. Jadi apabila sudah mendekati 20.000 km lakukanlah penggantian V-Belt di AHASS terdekat. Penggantian tersebut harus dilakukan di AHASS karena harus menggunakan Special Tools Matic. Jadi, rawat V-Matic Anda dan rasakan tenaga dari motor matic Honda yang sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar